Jumat, 17 April 2015

Percetakan IPB di IPB Press

Selamat siang pembaca,

Siang ini mau membahas tentang Percetakan IPB. Pastinya banyak yang belum tahu nih. Mungkin masyarakat kota Bogor tahunya IPB Press itu cuma ada penerbit yang khusus menerbitkan buku-buku IPB. Hemm, padahal tidak juga loh.

Buat pembaca yang suka menulis novel lalu mau dicetak, atau mau mencetak seminar kit, promosi kit, print/copy, outdoor-indoor printing dalam jumlah satuan, Percetakan IPB lah solusinya. Jadi IPB Press itu terdiri dari dua divisi. Ada divisi khusus penerbitan ada juga percetakannya.


Percetakan IPB Press menyediakan jasa cetak POD (printing on demand) yaitu teknologi cetak dengan menggunakan mesin digital. Kelebihan teknologi ini lebih tepat untuk memenuhi kebutuhan cetak dalam jumlah terbatas dan dibawah minimum cetak mesin konvensional atau offset . Selain itu, Percetakan IPB juga menyediakan jasa cetak konvensional atau offset. Teknik cetak offset lebih banyak digunakan untuk kebutuhan cetak dalam jumlah besar, karena memiliki keunggulan dalam kecepatan serta harga yang lebih ekonomis.

Mau tahu proses cetak? simple banget loh.. ni bocorannya



Kegiatan Produksi Percetakan IPB
1.         Proses Pracetak
        Proses pracetak merupakan rangkaian proses yang dilakukan sebelum proses cetak, seperti imposisi halaman dan pembuatan dummy/proofread. Imposisi halaman adalah proses pengeditan naskah digital yang bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak halaman yang dapat dimuat untuk satu lembar kertas ukuran A3, serta perapihan gambar-gambar, cover, dan isi buku. Sedangkan dummy/proofread adalah proses pencetakan dua atau empat eksemplar sebagai contoh hasil produksi untuk dilihat oleh konsumen yang kemudian akan dijadikan acuan pada proses pencetakan selanjutnya dalam jumlah order yang diinginkan konsumen.

2.         Proses Cetak
        Proses cetak dilakukan setelah proses pracetak selesai. Proses cetak dimulai dengan menyiapkan bahan baku kertas sesuai dengan Purchase Order (PO). Pemindahan bahan baku (kertas) dari gudang ke printing room menggunakan trolley, kemudian kertas tersebut dimasukkan ke mesin cetak. Naskah atau file yang sudah siap cetak pun ditransfer ke mesin cetak. Pada proses pencetakan dibedakan antara cetak berwarna dengan cetak hitam putih sebab menggunakan mesin yang berbeda. Teks yang berwarna termasuk cover dicetak terlebih dahulu. Jika proses pencetakan teks berwarna telah selesai dilanjutkan pada proses cetak teks hitam putih. Hal ini dilakukan karena proses penyisipan halaman teks warna dapat menggunakan mesin cetak hitam putih secara otomatis. Setelah proses cetak selesai, kertas-kertas yang telah dicetak tersebut dipindahkan dari printing room ke ruang pascacetak dengan menggunakan trolley. 


3.       Proses Pascacetak
        Pascacetak merupakan rangkaian proses produksi yang dilakukan setelah proses cetak. Untuk kertas Art Karton yang dicetak menjadi cover langsung dilakukan proses laminating. Proses laminating adalah proses penjilidan cover dengan menggunakan plastik doft atau gloosy. Kemudian cover-cover tersebut dimasukkan ke mesin jilid buku sambil menunggu kertas cetak sebagai isi buku selesai dipotong.
        Kertas yang telah dicetak sebagai isi buku dipotong menggunakan mesin potong sebab pada saat proses cetak kertas yang digunakan berukuran A3. Satu lembar A3 tersebut dapat memuat dua atau empat halaman tergantung ukuran buku atau project. Setelah kertas-kertas tersebut terpotong kemudian dimasukkan ke mesin penjilidan buku, maka dilakukanlah proses jilid buku. Setelah kertas selesai dijilid dan menyatu dengan cover hasilnya adalah buku, buku tersebut kemudian dipotong kembali hingga ukurannya sesuai dengan permintaan konsumen.
        Proses selanjutnya adalah proses shrink, press, dan packaging. Proses shrink adalah pengemasan buku dengan plastik bening agar buku-buku terhindar dari debu, air atau hewan-hewan yang dapat merusak buku seperti rayap. Sedangkan proses press adalah merekatkan plastik shrink pada buku sehingga kedap udara dengan menggunakan mesin press. Setelah itu, buku-buku yang telah di press dilakukan proses packaging dengan kertas cokelat atau kertas samson sehingga siap untuk dibawa konsumen.


 Produk-produk yang dihasilkan dibagi menjadi 3 kategori yaitu:

1. Produk buku
-Buku umum
-Majalah
-Jurnal
-Prosiding
-Buku lainnya (katalog, laporan, dll)

2. Produk non buku
-Print/copy
-Promosi kit (leaflet, brosur, poster, stiker)
-Seminar kit (sertifikat, name tag, handout, blocknote)
-Outdoor-Indoor (spanduk, baliho, banner)
-Merchandising (bolpoint, tas, payung, flashdisk, kalender, dll)
-Office tools (NCR, kartu nama, company profile, dll)

3. Jasa produksi
-Desain dan layout
-Laminating, jilid/binding, potong, shrink/wrapping 

Mau post gambar-gambar produknya juga nih.. tapi nanti ya the next sesion..hihi
Semoga info ini bermanfaat ya..(^-^)
See you guys -rtf-

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes